Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengambil Username Instagram Yang Sudah Tidak Aktif

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh pengguna Instagram agar followers bertambah banyak. Mulai dari yang murni karena pengguna akun itu sendiri maupun dengan cara mengambil username selebgram atau orang terkenal yang akunnya sudah tidak aktif lagi.

Ketika Anda akan membuat akun baru dan ingin menggunakan username akun tersebut. Tentu saja akan muncul pemberitahuan bahwa nama pengguna sudah ada atau sudah tidak tersedia.

Hal ini karena username tersebut sudah digunakan tapi sudah lama tidak aktif. Nah, dengan begitu maka Anda akan berpeluang untuk memiliki akun tersebut. Namun, tentu saja cara yang digunakan cukup sulit dan melalui proses yang panjang.

Lalu, bagaimana cara mengambil alih username tersebut? Berikut penjelasannya.

4 Cara Mengambil Username Instagram Yang Sudah Tidak Aktif dan Tidak Terpakai

Sebelum Anda mendapatkan atau mengambil alih username tersebut, pastikan bahwa username yang akan diambil benar-benar sudah tidak aktif atau akan lebih mudah lagi jika pihak dari Instagram telah menghapus akun tersebut.

Sebuah akun Instagram bisa dikatakan tidak aktif, jika pemilik akun tidak menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Nama Instagram Yang Tidak Tersedia

Nah, berikut ini 4 cara yang bisa Anda coba untuk mengambil username Instagram yang sudah tidak aktif:

1. Mengajukan Tawaran atau Membeli Akun

Anda bisa menghubungi langsung pemilik akun dengan cara mengirim pesan atau DM ke Instagram miliknya. Namun cara ini akan kurang efektif jika pemilik akun sudah lama tidak aktif atau membuka platform tersebut.

Hal lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara memeriksa bio akun miliknya untuk mendapatkan informasi kontak berupa alamat email. Setelah Anda mendapatkan kontak pemilik akun, silahkan Anda ajukan  penawaran untuk membeli akun tersebut.

2. Klaim Hak Cipta

Cara ini bisa Anda lakukan jika pemilik akun Instagram yang akan Anda ambil alih melakukan kesalahan. Seperti, mengunggah konten milik Anda yang tentunya akan melanggar hak cipta.

Sebagai pemilik konten tersebut, Anda berhak untuk mengajukan laporan pelanggaran atas hak cipta dan mengklaim atau mengambil alih username tersebut sebagai milik Anda.

3. Melakukan Report Akun

Sebenarnya Anda tidak perlu untuk melakukan cara yang satu ini. Karena pihak Instagram secara otomatis akan menghapus akun yang sudah lama tidak aktif dan tidak memiliki konten apapun didalamnya.

Namun, proses penghapusan akun membutuhkan waktu yang tidak singkat. Nah, untuk mempercepat proses tersebut, Anda bisa melakukan report akun dengan jumlah yang cukup banyak. Agar lebih cepat dan melaporkan dengan jumlah banyak, Anda bisa menggunakan tools report.

4. Hack Akun

Jika ketiga cara diatas tidak juga berhasil, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan hack pada akun tersebut. Cara ini memang akan merugikan orang lain khususnya pemilik akun Instagram yang ingin Anda ambil alih.

Tetapi, jika Anda berhasil melakukan hack terhadap akun tersebut, besar kemungkinan akun bahkan username tersebut akan menjadi milik Anda seutuhnya.

Nah, jadi begitulah pembahasan kali ini tentang 4 cara mengambil username Instagram yang sudah tidak aktif.